Pengembangan Media Peta dalam Pembelajaran IPS berbasis Multimedia Interaktif di Kelas V Sekolah Dasar

Erwin, Rahmawati (2018) Pengembangan Media Peta dalam Pembelajaran IPS berbasis Multimedia Interaktif di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RAHMAWATI_ERWIN_16124116_4482_2018.pdf] Text
B1_01_RAHMAWATI_ERWIN_16124116_4482_2018.pdf

Download (931kB)

Abstract

Media pembelajaran peta yang digunakan di lapangan pada umumnya masih kurang inovatif, berbentuk dua dimensi berukuran kecil, dan belum memanfaatkan teknologi. Media pembelajaran belum menuntun siswa belajar secara mandiri.
Untuk itu dikembangkan media pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, sehingga materi pembelajaran dapat bertahan lama dalam ingatan siswa. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan media peta berbasis multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan
efetivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa dan guru. Data keefektifan dilihat dari pengamatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media peta dalam pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan karakteristik isi media telah sesuai dengan kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan pengoperasian media, bahasa yang digunakan jelas,
sederhana, ringkas, mudah dipahami, serta penyajiannya jelas disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hasil pengamatan dan angket menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki isi dan tujuan yang jelas,
mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya tarik/minat siswa untuk belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Selain itu, media yang dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan tingkat ketuntasan belajar 87,2%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media peta dalam pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 08:57
Last Modified: 02 May 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9738

Actions (login required)

View Item
View Item