Peningkatan Hasik Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang

Penggabean, Riski Puspita (2017) Peningkatan Hasik Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RISKI_PUSPITA_PANGGABEAN_1300521_4579_2017.pdf] Text
B1_04_RISKI_PUSPITA_PANGGABEAN_1300521_4579_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemuan dalam pembelajaran IPS adalah guru lebih dominan menggunakan pembelajaran konnvesional; guru hanya berceramah dan jarang bertanya kepada siswa, guru kurang menggunakan media dalam menyampaikan materi, guru kurang memberikan penguatan kepada siswa, guru jarang sekali menggunakan model berkelompok kalau pun ada guru tidak membagi siswa secara heterogen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Script di kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Bandar Buat Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui lembar pengamatan (observasi) yang meliputi lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan aspek siswa dan tes yang meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotor.. Hasil penelitian menunjukkan: a) RPP pada siklus I pertemuan I 82,14% (Baik), pada siklus I pertemuan II 89,28 (Baik), jadi rata-rata siklus I 85,71% . Pada siklus II menjadi 96,42% (Sangat Baik). b) aspek guru siklus I pertemuan I 75% (Cukup), pada siklus I pertemuan II 85% (Baik), jadi rata-rata siklus I 80% (Baik). Pada siklus II menjadi 97,50% (Sangat Baik). Pada aspek siswa siklus I pertemuan I 72,5% (Baik), pada siklus I pertemuan II 82,50% (Baik), jadi ratarata siklus I 77,50% (Baik) pada siklus II menjadi 95% (Sangat Baik). c) hasil belajar pada siklus I pertemuan I 69,07 (Cukup), pada siklus I pertemuan II 83,03 (Baik), jadi rata-rata siklus I 76,43 (Baik) pada siklus II menjadi 88,83 (Sangat Baik). Dengan demikian, model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Cooperative Script
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 May 2025 08:08
Last Modified: 02 May 2025 08:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9712

Actions (login required)

View Item
View Item