Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad melalui Media Sandpaper Letters Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV C di SLB Negeri 1 Padang

Sartika, Ririn (2019) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad melalui Media Sandpaper Letters Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV C di SLB Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RIRIN_SARTIKA_14003019_1234_2019.pdf] Text
B1_04_RIRIN_SARTIKA_14003019_1234_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang ditemukan pada siswa tunagrahita ringan di kelas IV C SLB Negeri 1 Padang yang mana dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu mengenal huruf abjad, guru telah mengajarkan dengan menggunakan media pohon huruf. Akan tetapi, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengingat dan mengingat huruf abjad tersebut karena hanya mengandalkan indra visual. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses dan membuktikan bahwa media sandpaper letters dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal huruf abjad. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian yaitu dua orang siswa tunagrahita ringan kelas IV. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan sehingga hasil yang diperoleh siswa sudah mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kemampuan awal siswa yang mulanya 38% dan 50%, setelah dilaksanakan siklus I menjadi 50% dan 60,5% dan dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 75,5% dan 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media sandpaper letters dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada siswa tunagrahita ringan. Oleh karena itu, guru kelas disarankan untuk menggunakan media sandpaper letters untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sandpaper letters, Huruf abjad, Siswa tunagrahita ringan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 May 2025 08:02
Last Modified: 02 May 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9687

Actions (login required)

View Item
View Item