Penyesuaian Diri Siswa Sekolah Berasrama: Studi Deskriptif Komparatif Terhadap Siswa SMAN 1 Sumatera Barat

Randi, Peni Okto (2017) Penyesuaian Diri Siswa Sekolah Berasrama: Studi Deskriptif Komparatif Terhadap Siswa SMAN 1 Sumatera Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_PENI_OKTO_RANDI_14151042_3147_2017.pdf] Text
B1_01_PENI_OKTO_RANDI_14151042_3147_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah berasrama merupakan suatu kemampuan siswa untuk hidup dan bergaul secara wajar, sehingga ia merasa puas terhadap dirinya dan terhadap lingkungan tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri siswa di sekolah, di antaranya jenis kelamin, latar belakang budaya serta tingkatan kelas (kematangan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian diri siswa ditinjau dari jenis kelamin, latar belakang budaya, dan tingkatan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan desain faktorial 2 x 2 x 3. Populasinya adalah siswa SMAN 1 Sumatera Barat. Jumlah sampel sebanyak 168 orang yang dipilih dengan teknik stratified random sampling dan dikombinasikan dengan teknik propotional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah
skala. Data dianalisis menggunakan teknik ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat penyesuaian diri siswa secara umum berada pada kategori tinggi, (2) tingkat penyesuaian diri siswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori tinggi, dan terdapat perbedaan penyesuaian diri
siswa berdasarkan jenis kelamin, dengan rerata skor siswa perempuan lebih tinggi dibanding siswa laki-laki, (3) tingkat penyesuaian diri siswa ditinjau dari latar belakang budaya (Minangkabau dan non-Minangkabau) berada pada kategori tinggi, dan terdapat perbedaan penyesuaian diri siswa berdasarkan latar belakang budaya, dengan rerata skor siswa Minangkabau lebih tinggi dibanding siswa non- Minangkabau, (4) tingkat penyesuaian diri siswa ditinjau tingkatan kelas (X, XI, dan XII) berada pada kategori tinggi, dan tidak terdapat perbedaan penyesuaian diri siswa berdasarkan tingkatan kelas, dan (5) tingkat penyesuaian diri siswa ditinjau dari jenis kelamin, latar belakang budaya, dan tingkatan kelas berada pada kategori tinggi, serta tidak terdapat interaksi antara variabel tersebut dalam menjelaskan penyesuaian diri siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:43
Last Modified: 02 May 2025 13:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9653

Actions (login required)

View Item
View Item