Pengaruh Metode Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Keterampilan Menyimak Peserta didik Kelas V SDN 09 Siteba

Saputra, Oramahi (2017) Pengaruh Metode Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Keterampilan Menyimak Peserta didik Kelas V SDN 09 Siteba. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ORAMAHI_SAPUTRA_15124047_1047_2017.pdf] Text
B1_01_ORAMAHI_SAPUTRA_15124047_1047_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pembelajaran keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Indonesia, yang disebabkan pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh pendidik, peserta didik kurang termotivasi dan jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Proses Pembelajaran yang kurang aktif
maka perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menyimak bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode permainan bahasa terhadap hasil belajar pembelajaran keterampilan menyimak peserta didik kelas V SDN 09 Siteba. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 09 Siteba tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih secara random, terpilih kelas V-B sebagai kelas eksperimen dan kelas V-A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal dan tes hasil belajar. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa:(1) hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode permainan bahasa lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, artinya berdasarkan perhitungan diperoleh harga uji-t sebesar (4,89) ditaraf signifikan 5% adalah (1,71) harga t-hitung lebih tinggi dari t-tabel sehingga hI
diterima (2) hasil belajar peserta didik yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan metode permainan bahasa lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan metode konvensional artinya berdasarkan perhitungan diperoleh harga uji-t sebesar (3,20) ditaraf signifikan 5% adalah (2,06) harga t hitung lebih tinggi dari t-tabel sehingga h1 diterima (3) hasil belajar peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah dengan metode permainan bahasa lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah dengan metode konvensional artinya berdasarkan perhitungan diperoleh harga uji-t sebesar (3,20) ditaraf signifikan 5% adalah (2,06) harga t hitung lebih tinggi dari t-tabel sehingga h1 diterima (4) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan pengetahuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas V SDN 09 Siteba, artinya berdasarkan perhitungan uji anava dua arah f hitung lebih kecil dari f tabel yaitu f hitung (0,46) dan f tabel (3,99) Artinya metode permainan bahasa dapat diterima untuk semua peserta didik baik dengan pengetahuan awal tinggi maupun rendah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Permainan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:42
Last Modified: 02 May 2025 07:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9643

Actions (login required)

View Item
View Item