Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang

Octaviani, Widya (2016) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_WIDYA_OCTAVIANI_1205150_4560_2016.pdf] Text
B1_2_WIDYA_OCTAVIANI_1205150_4560_2016.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama,mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIIISMP Negeri 9 Padang. Ketiga,menganalisis kontribusi keterampilan menyimakberita terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.Rancangan penelitian yaitu penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran2015/2016 dengan jumlah 222 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampelpenelitian ini berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel adalah simplerandom sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menyimak beritasebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis berita sebagaivariabel terikat (variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilanmenyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menulis berita. Instrumenpenelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untukmengumpulkan data keterampilan menyimak berita. Tes unjuk kerja digunakanuntu mengumpulkan data keterampilan menulis berita. Data dianalisis denganrumus koefisien korelasi dan koefisien determinan.Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak beritasiswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup(73,06). Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9Padang berada pada kualifikasi baik (77,88). Ketiga, keterampilan menyimakberita memberikan sumbangan sebesar 11,40% kepada keterampilan menulisberita.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahwa H1diterima karena rhitunglebih besar dari rtabel(rhitung> rtabel= 0,338 > 0,304). Hal iniberarti terdapat kontribusi antara keterampilan menyimak berita terhadapketerampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Dengan katalain, untuk terampil menulis berita diperlukan keterampilan menyimak berita.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyimak, Keterampilan menulis, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 02 May 2025 07:41
Last Modified: 02 May 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9639

Actions (login required)

View Item
View Item