Ariza, Tesa Fitri (2017) Strategic Planning Aktivitas Wisata Alam di Objek Wisata Panorama Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_TESA_FITRI_ARIZA_1203122_1817_2017.pdf [thumbnail of B1_04_TESA_FITRI_ARIZA_1203122_1817_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_TESA_FITRI_ARIZA_1203122_1817_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh potensi objek wisata Panorama Tabek Patah yang sangat bagus, namun belum dikembangkan dengan maksimal. Tabek Patah memiliki berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas wisata, namun belum ada planning/perencanaan untuk aktivitas wisata dari masyarakat sebagai pengelola objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor internal dan eksternal dari Panorama Tabek Patah untuk kemudian menyusun strategic planning aktivitas wisata di Panorama Tabek Patah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi kuesionar (angket). Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah beberapa informan yang terdiri dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (3 orang), pengelola Panorama Tabek Patah (1 orang) masyarakat di sekitar objek wisata (4 orang), serta pengunjung objek wisata (65 orang) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan persentase tingkat pencapaian responden. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada 3 aktivitas wisata yang dapat dikembangkan di Objek Wisata Panorama Tabek Patah yaitu, sightseeing (jalan-jalan sambil lihat objek wisata) hiking, dan flying fox. Strategic planning untuk ketiga aktivitas tersebut adalah: 1. Membuat spot tempat menikmati pemandangan, mempromosikan kegiatan sightseeing sebagai salah satu kegiatan unggulan dan menyiapkan tourguide yang dapat memandu wisatawan dalam melakukan kegiatan sightseeing. 2. Membuatkan track untuk hiking, mengadakan pelatihan kepada masyarakat secara berkala, memanfaatkan masyarakat atau pemuda nagari untuk menjaga keamanan dari kegiatan aktivitas hiking, membuatkan rute dan kode-kode mengenai kegiatan hiking. 3.Menghidupkan kembali kegiatan flying fox, memanfaatkan masyarakat dan pemuda nagari untuk menjaga dan petugas dari kegiatan flying fox tersebut, melakukan kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Pemerintah Setempat. Strategic planning aktivitas wisata di Panorama Tabek Patah dengan interpretasi 63,07 % dengan rentang skor ≥61,75 dengan kategori sangat setuju. Sedangkan berdasarkan masing- masing sub indikator pengunjung sangat setuju jika kegiatan aktivitas wisata sightseeing dilaksanakan di Panorama Tabek Patah dengan skor ≥ 13,38, hiking dengan skor ≥ 16,25 dengan kategori sangat setuju dan flying fox dengan skor ≥ 16,25 dengan kategori sangat setuju.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | WISATA ALAM, STRATEGIC PLANNING |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:41 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9634 |