Pengaruh Pelibatan Orangtua Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Korban Broken home

Mishbah, Nurul (2021) Pengaruh Pelibatan Orangtua Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Korban Broken home. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NURUL_MISHBAH_17330039_659_2023 (1 Feb).pdf] Text
B1_01_NURUL_MISHBAH_17330039_659_2023 (1 Feb).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini tentang Pengaruh Pelibatan Orangtua terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Korban Broken home. Latar belakang penelitian ini adalah kemandirin merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Tanpa kemandirian anak akan mengalami kesulitan dan hambatan dalam perkembangan psikososialnya. Orang tua memiliki peranan yang penting dalam tumbuh kembang anak. Anak dengan keluarga broken home akan mengalami gangguan dalam perkembangannya. Pelibatan orangtua disekolah diharapkan dapat berpengaruh
terhadap perkembangan kemandirian anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui perbedaan kemandirian anak yang tingkat pelibatan orang tua tinggi dan rendah di Kecamatan Koto Tangah, 2) Mengetahui perbedaan kemandirian
anak korban broken home dan bukan korban broken home setelah mendapat perlakuan pelibatan orangtua disekolah, 3) Mengetahui pengaruh pelibatan orangtua terhadap kemandirian anak yang broken home dan tidak broken home. 4) Mengetahui interaksi antara pelibatan orangtua (tinggi dan rendah) dan kondisi keluarga (broken home dan tidak broken home) terhadap kemandirian anak. Metode penelitian yang digunakan penelitian non eksperimen dengan menggunakan metode studi komparatif. Rancangan yang digunakan penelitian ini dengan desain faktorial 2x2, mempunyai dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas terdiri pelibatan orang tua tinggi (AI) pelibatan orang tua rendah (A2). Variabel moderator perkembangan kemandirian Variabel terikat adalah anak broken hame (BI) dan anak tidak broken home (B2). Dari hasil penelitian Hipotesis 1 perolehan korelasi 0,436 dengan signifikansi 0,000, karena signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hipotesis 2 perolehan R squared sebesar 0,266, nilai ini bermakna bahwa setiap penambahan 1%
pelibatan orangtua terhadap perkembangan kemandirian anak akan bertambah positif sebesar 0,266. Hipotesis 3 perolehan dengan nilai Thitung adalah 2,037, karena Thitung > Ttabel (4,640 > 1,666) dapat diartikan H0 ditolak H1 diterima. Hipotesis 4 interaksi pengaruh pelibatan orangtua tinggi adalah 40,41% sebanyak 69 orang dan pelibatan orangtua rendah adalah 28,28% sebanyak 6 orang. Sedangkan hasil pengaruh pelibatan orangtua terhadap perkembangan kemandirian anak tidak broken home adalah 20,84 % sebanyak 58 orang. Sedangkan hasil pengaruh pelibatan orangtua, terhadap perkembangan kemandirian anak yang broken home adalah 34,65 % sebanyak 17 orang

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:40
Last Modified: 02 May 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9626

Actions (login required)

View Item
View Item