Pengaruh Media Pembelajaran CD Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X di SMK Elektro Sijunjung

Rikardo, Riky (2013) Pengaruh Media Pembelajaran CD Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Kelas X di SMK Elektro Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RIKY_ RIKARDO_00591_623_2013.pdf] Text
B1_04_RIKY_ RIKARDO_00591_623_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah, yaitu kurang termotivasinya siswa untuk belajar KKPI. Hal tersebut juga terindikasi pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM ( ≥70 dan jumlah yang lulus sebanyak 35,48). jumlah siswa yang lulus hanya 20 orang dari 31 siswa (64,52%). Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan CD Multimedia Interaktif dibandingkan metode konvensional pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan CD Multimedia Interaktif. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Elektro Sijunjung pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Dengan Objek penelitian ini adalah siswa kelas XE II dengan jumlah siswa 31 orang. Sebelum soal-soal tes diberikan, dilakukan uji coba instrumen di Kelas XI SMK Elektro Sijunjung. Dari hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen = 76.53 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 62 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 25 orang (80,64%) dari 31 siswa. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kelas sebesar 64.59 (46,67%) dari 30 siswa. Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh t hitung adalah 5,21. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Elektro Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, Quasi eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 May 2025 07:40
Last Modified: 02 May 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9623

Actions (login required)

View Item
View Item