Baharuddin, Baharuddin (2013) Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SDN 19 Batipuh Kec. Batipuah Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BAHARUDDIN_19786_3251_2013.pdf [thumbnail of B1_1_BAHARUDDIN_19786_3251_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BAHARUDDIN_19786_3251_2013.pdf
Download (136kB)
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana proses Penggunaan Metode
Bermain Peran untuk Meningkatkan Aktivitas
dan Hasil Belajar dalam
Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SDN 19 Batipuh kec. Batipuah Selatan
Metode bermain peran adalah metode yang dapat memotivasi siswa untuk
berkreatifitas
dan berkarya, serta menjadikan siswa mandiri dalam
mengekspresikan diri untuk suatu materi yang sedang dipelajari. Metode bermain
peran sangat cocok digunakan dalam pembelajaran Tematik di sekolah dasar
karena dengan bermian peran siswa secara langsung memahami, memakna dan
menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam materi yang diperankannya.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode Bermain peran dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Tematik siswa kelas II SDN 19 Batipuh Kec. Batipuah Selatan. Dari
Hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh siswa pada siklus I nilai rata-rata yang
diperoleh 70 dan pada siklus ke II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata
85,3
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:40 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9622 |