Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Bakri, Bakri (2012) Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_BAKRI_19650_6104_2012.pdf] Text
B1_1_BAKRI_19650_6104_2012.pdf

Download (683kB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini terlihat bahwa ada
sebagian guru yang tidak bertanggung jawab dalam proses belajar mengajar,
masih ada sebagian guru yang kurang siap dalam melaksanakan proses belajar
mengajar sehingga berdampak negatif terhadap menurunnya produktifitas atau
kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kontribusi supervisi
akademik oleh Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan
Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, mendeskripsikan Kontribusi motivasi
kerja terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten
Pesisir Selatan, mendeskripiskan Kontribusi supervisi akademik oleh Kepala
Sekolah dan motivasi Kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja
guru SD Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis
dalam penelitian ini adalah supervisi akademik Kepala Sekolah berkontribusi
terhadap kinerja guru, motivasi kerja berkontribusi terhadap kinerja guru dan
supervisi akademik oleh Kepala Sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama
berkontribusi terhadap kinerja guru.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 280 orang guru
Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan.
Sampel 107 orang guru yang terpilih melalui teknik stratified proportional
random sampling. Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas
dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik
korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 16
Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) motivasi kerja berkontribusi
terhadap kinerja guru besar 16,1% (2) supervisi akademik oleh Kepala Sekolah
berkotribusi terhadap kinerja guru sebesar 14,7%, (3) motivasi kerja dan supervisi
akademik oleh Kepala Sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap
kinerja guru sebesar 31,3%. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa
supervisi akademik oleh Kepala Sekolah berada pada kategori cukup, sedangkan
motivasi kerja dan kinerja guru sama-sama berada pada kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja dan
supervisi akademik oleh Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:40
Last Modified: 02 May 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item
View Item