Kontribusi Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik oleh Pengawas terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Balpasmirza, Balpasmirza (2012) Kontribusi Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik oleh Pengawas terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_BALPASMIRZA_19651_6106_2012.pdf] Text
B1_1_BALPASMIRZA_19651_6106_2012.pdf

Download (740kB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini terlihat bahwa ada
sebagian guru belum menggunakan perangkat mengajar yang baik dalam proses
belajar mengajar, masih ada sebagian guru yang kurang disiplin dalam proses
belajar mengajar sehingga berdampak negatif terhadap menurunya produktifitas
atau kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kontribusi
supervisi akademik oleh pengawas terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan
Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, mendeskripsikan Kontribusi disiplin kerja
terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan,
mendeskripiskan Kontribusi supervisi akademik oleh pengawas dan Disiplin
Kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru SD Negeri
Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis dalam penelitian ini
adalah supervisi akademik oleh pengawsas berkontribusi terhadap kinerja guru,
disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru dan supervisi akademik oleh
pengawas dan disiplin kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja
guru.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 337 orang guru
Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel 137
orang guru yang terpilih melalui teknik stratified proportional random sampling.
Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik korelasi
dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17
Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) disiplin kerja berkontribusi
terhadap kinerja guru sebesar 16%, (2) supervisi akademik oleh pengawas
berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 21,9% (3) disiplin kerja dan supervisi
akademik oleh pengawas secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja
guru sebesar 33,2%. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa supervisi
akademik oleh pengawas berada pada kategori cukup, sedangkan disiplin kerja
dan kinerja guru sama-sama berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil
penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik oleh pengawas
dan disiplin kerja berkontribusi terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:40
Last Modified: 02 May 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9618

Actions (login required)

View Item
View Item