Zain, Bella Putri (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Gugus III Kec. Guguak Lima Puluh Kota. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BELLA_PUTRI_ZAIN_17124080_3876_2022.pdf [thumbnail of B1_1_BELLA_PUTRI_ZAIN_17124080_3876_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BELLA_PUTRI_ZAIN_17124080_3876_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis siswa SDN Gugus III Kecamatan Guguak
masih rendah sehingga menjadi alasan untuk melakukan penelitian. Siswa
cendrung pasif dan tidak memahami soal terlebih dahulu serta tidak membuat
perencanaan dalam menyelesaikan soal dengan langsung menulis jawaban. Salah
satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian adalah quasi eksperimen.
Populasi pada penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan
Guguak. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 07 Guguak VIII Koto dan
siswa kelas V SDN 11 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak. Data penelitian
diperoleh dari hasil tes dan angket. Analisis data menggunakan uji T untuk
hipotesis 1 sampai 3 dan anova dua arah untuk hipotesis 4. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan
model TPS lebih baik dari yang menggunakan pendekatan konvensional. (2)
Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan motivasi belajar tinggi dan
rendah yang mengikuti pembelajaran dengan model TPS lebih baik dari yang
menggunakan pendekatan konvensional. (3) Tidak terdapat interaksi antara model
pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan
komunikasi matematis.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:39 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9612 |