Fajar, Beny Al (2023) Pengembangan Media Powerpoint Interaktif pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_BENY_AL_FAJAR_20124049_6020_2023.pdf [thumbnail of B1_1_BENY_AL_FAJAR_20124049_6020_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_BENY_AL_FAJAR_20124049_6020_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan multimedia
dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, guru lebih sering menggunakan media
pembelajaran berbasis satu arah sehingga akan membuat siswa merasa bosan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media powerpoint
interaktif pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop,
Disseminate) Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner
untuk mengetahui penilaian ahli terhadap media dan uji praktikalitas media. Uji
efektifitas dilakukan dengan tes.
Validasi oleh ahli terhadap media powerpoint interaktif pada aspek materi
memperoleh skor 91,56% kategori Sangat Valid, aspek media memperoleh skor
80% kategori Valid, dan aspek bahasa memperoleh skor 82,86% kategori Sangat
Valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh skor 97% kategori Sangat
Praktis, dan hasil uji praktikalitas oleh siswa memperoleh skor 89 dengan kategori
Sangat Praktis. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa p-value = 0,000 ≤0,05.
Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang
menggunakan media powerpoint interaktif dengan yang tidak menggunakan
media powerpoint interaktif.. Penilaian aspek keterampilan di SDN Percobaan
Padang memperoleh nilai sebesar 3,51 dengan predikat Sangat Baik, di SDN 05
Padang Pasir memperoleh nilai 3,63 dengan predikat Sangat Baik. Penilaian aspek
sikap di SDN Percobaan Padang memperoleh nilai sebesar 3,57 dengan predikat
Sangat Baik, di SDN 05 Padang Pasir memperoleh nilai 3,52 dengan predikat
Sangat Baik. Dari penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa
media powerpoint interaktif pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar
praktis dan efektif untuk digunakan di kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:39 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9610 |