Kontribusi Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Ilmu Bahan Bangunan Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang

Putra, Eldiansyah (2016) Kontribusi Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Ilmu Bahan Bangunan Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ELDIANSYAH_PUTRA_1106680_4766_2016.pdf] Text
B1_01_ELDIANSYAH_PUTRA_1106680_4766_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini permasalahannya adalah cara belajar siswa yang kurang baik, ini dibuktikan pada saat pelajaran ilmu bahan bangunan, siswa kurang persiapan dalam proses belajar mengajar dan juga hampir 40% nilai siswa berada dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi cara belajar siswa terhadap hasil belajar mata diklat Ilmu Bahan Bangunan kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. Hipotesis penelitian yaitu terdapat kontribusi cara belajar siswa terhadap hasil belajar mata diklat Ilmu Bahan Bangunan kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan teknik bangunan yang belajar mata diklat ilmu bahan bangunan yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah sampel 66 siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan penyebaran angket mengenai cara belajar yang disebarkan kepada siswa, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar berupa nilai Ilmu Bahan Bangunan yang diperoleh siswa. Teknik analisis data digunakan adalah: (1) Analisis deskriptif, (2) Uji persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas untuk membuktikan bahwa sebaran data berasal dari sampel yang berdistribusi normal dan linear, dan (3) Uji Hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa cara belajar berkontribusi sebanyak 60,9% terhadap hasil belajar siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang. Hal ini dapat dilihat dari nilai Sig (2-tailed) 0,000< Alpha (0,05) Berdasarkan perolehan hasil pengujian tersebut, artinya terdapat hubungan yang positif antara cara belajar terhadap hasil belajar Mata Diklat Ilmu Bahan Bangunan kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Cara Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 06 Feb 2025 07:46
Last Modified: 07 Feb 2025 01:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item
View Item