Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here dengan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman

Hamra, Billy Al (2017) Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here dengan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik Kelas X di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_BILLY_AL_HAMRA_1101993_1925_2017.pdf] Text
B1_03_BILLY_AL_HAMRA_1101993_1925_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran karena metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Maka dari itu perlu digunakan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar serta kepercayaan diri siswa. Metode pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis masalah dan membuat siswa lebih aktif untuk mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa terhadap metode pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher here dengan metode ceramah pada pembelajaran MRL kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TITL-1 yang berjumlah 32 siswa dan X TITL-2 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data pnelitian dilakukan menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal objektif sebanyak 30 item soal. Data yang diperoleh dari posttest selanjutnya dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here sebesar 78,63 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah 73,59. Sedangkan pada perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu (6,9 > 1,7) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher here dengan metode ceramah pada mata pelajaran MRL kelas X TITL di SMK Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Aktif tipe everyone is A teacher here, Metode ceramah, Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 02 May 2025 07:37
Last Modified: 02 May 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9597

Actions (login required)

View Item
View Item