Analisis Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA Kelas X Semester II

Astuti, Widya (2013) Analisis Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA Kelas X Semester II. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_WIDYA_ASTUTI_89194_3032_2013.pdf] Text
B1_2_WIDYA_ASTUTI_89194_3032_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah dengan diberlakukan KTSP diberikannya kebebasan kepada guru untuk memilih buku teks yang baik sebagai alat penunjang proses pembelajaran. Di lain pihak bermunculan berbagai ragam buku-buku teks yang diterbitkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dari tiap-tiap jenjang pendidikan. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin mengetahui apakah buku teks yang digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku (KTSP). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe studi evaluatif, data diperoleh dari hasil analisis isi (content analisist) yang dilakukan terhadap buku teks terbitan Erlangga dan buku teks terbitan Esis sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen dan di analisi melaui beberapa tahap yakni reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari aspek tujuan terdapat kelemahan pada buku teks erlangga karena kurang lengkap dalam penyajian aspek tujuan nya. Dari aspek materi terdapat kelemahan pada buk teks erlngga karena terdapat kesalahan dalam pengungkapan fakta-fakta sejarah. Secara umum hasil analisis data menunjukkan terdapat kekurangsesuaian antara isi materi buku tersebut dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku, kekurangsesuaian tersebut dapat dilihat dari pengembangan aspek tujuan yang hanya memfokuskan pada aspek pengetahuan faktual (kognitif level rendah), kurang memperhatikan aspek keterampilan dan aspek nilai. Implikasi dari kekurangsesuaian aspek tujuan adalah pengembangan isi materi (content) sangat terbatas pada pengetahuan faktual. Dengan demikian, melalui kajian buku-buku teks dalam proses pembelajaran, tujuan akhir (ends) pendidikan Sejarah secara utuh tidak dapat tercapai. Siswa hanya belajar mengenai rentetan peristiwa-peristiwa sejarah tanpa memahami sepenuhnya untuk apa mereka mempelajari sejarah tersebut. Berdasarkan temuan penelitian di atas buku-buku teks masih memerlukan penyempurnaan dalam berbagai aspek terutama yang menyangkut aspek tujuan dan aspek materi/isi jika digunakan dalam proses pembelajaran. Kekurangan tampak dari pengungkapan aspek materi dimana terdapat kesalahan dalam pengungkapan fakta-fakta sejarah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks Sejarah, KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), Analisis Isi
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 01 May 2025 16:03
Last Modified: 01 May 2025 16:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9575

Actions (login required)

View Item
View Item