Kontribusi Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Instalasi Sound Sistem Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Permana, Aridho (2013) Kontribusi Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Instalasi Sound Sistem Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ARIDHO_ PERMANA_02717_696_2013.pdf] Text
B1_04_ARIDHO_ PERMANA_02717_696_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran instalasi sound sistem siswa kelas X Teknik Elektronika SMK N 1 Guguak semester Januari-Juni TA 2011 - 2012. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran instalasi sound sistem di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota adalah 70 dengan rentang nilai (0 - 100). Kenyataan dilapangan bahwa 48,1 % siswa memperoleh nilai < 70 dan 51,9 % siswa memperoleh nilai ≥ 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi minat belajar siswa dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran instalasi sound sistem di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Elektronika yang berjumlah 58 orang dan sampel penelitian sebanyak 37 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran instalasi sound sistem SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Sedangkan data minat belajar siswa dan lingkungan belajar siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Minat belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 34 % terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) Lingkungan belajar siswa memberikan kontribusi sebesar 21,6 % terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012; (3) Minat belajar siswa dan lingkungan belajar siswa kelas X jurusan Teknik Elektronika secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 39,21 % terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2011/2012. Jadi dapat disimpulkan bahwa Minat belajar Siswa dan Lingkungan belajar siswa berkontribusi terhadap hasil belajar, semakin tinggi minat belajar siswa dalam proses belajar mengajar dan semakin baik lingkungan belajar siswa, maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Lingkungan Belajar Siswa, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasional, Simple Random Sampling.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 01 May 2025 15:50
Last Modified: 01 May 2025 15:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9550

Actions (login required)

View Item
View Item