Pengembangan Model Pelatihan Supervisi Akademik Berbasis Competency Based Training (CBT) Bagi Pengawas Sekolah Dasar

Erpidawati, Erpidawati (2021) Pengembangan Model Pelatihan Supervisi Akademik Berbasis Competency Based Training (CBT) Bagi Pengawas Sekolah Dasar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_ERPIDAWATI_14169038_289_2022.pdf] Text
B1_8_ERPIDAWATI_14169038_289_2022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian kelemahan yang secara umum
dialami oleh pihak penyelenggara pelatihan. Kelemahan tersebut antara lain : (1)
penyelenggara belum menerapkan manajemen pelatihan secara benar, (2) pelatihan
diselenggarakan tidak berdasarkan pengukuran kompetensi (need assessment),
sehingga materi-materi yang dilatihkan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta latih,
(3) pelatihan lebih banyak bersifat menjalankan ketentuan-ketentuan Petunjuk
Operasional yang ada pada proyek dan berbagai persoalan lain dan pelatihan yang
diikuti pengawas mendapatkan pelatihan fungsional ketika mencalonkan diri
sebagai pengawas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan
model pelatihan pengawas sekolah berbasis competency based training (CBT) yang
valid, praktis dan efektif.
Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah
model procedural. Pengujian efektivitas produk dilakukan melalui one group
pretest posttest yang telah melibatkan sebanyak 15 orang pengawas sekolah Kota
Padang, sementara uji praktikalitas melibatkan 3 orang Instruktur dari Universitas
Negeri Padang dan Dinas pendidikan Kota Padang. Analisis data dilakukan terhadap
data yang sudah terkumpul secara lengkap sesuai dengan bentuk datanya. Data
kulitatif dianalisis secara deskriptif argumentatif berdasarkan teori-teori terkait
untuk memperoleh hasil kajian yang sesuai dengan sasaran penelitian.
Hasil penelitian mengembangkan model pelatihan supervisi akademik
berbasis competency based training, dari hasil pengembangan model melahikan 4
buku model pelatihan, buku panduan peserta dan instruktur dan buku materi
pelatihan, buku yang dihasilkan termasuk terkategori valid setelah dinilai oleh
validator. Buku Model pelatihan nilai rata-rata 4.51 dengan kategori sangat valid,
buku panduan peserta nilai rata-rata 4.37 dengan kategori valid, buku panduan
Instruktur nilai rata-rata 4.38 dengan kategori sangat valid dan buku materi
pelatihan nilai rata-rata 4.31 dengan kategori sangat valid. Hasil pengembangan
model pelatihan supervisi akademik berbasis competency based training dinyatakan
praktis. Menurut Instruktur model pelatihan supervisi akademik berbasis
competency based training mendapat nilai rata-rata 4.26 terkategori praktis dan
menurut peserta pelatihan dengan rata-rata 4.20 pada kategori sangat praktis. Hasil
pengembangan model peltihan supervisi akademik berbasis competency based
training dinyatakan efektif setelah dilakukan uji efektifitas. Dengan penerapan
model pelatihan supervisi akademik berbasis competency based training, df 13
untuk taraf nyata 0,05 didapat p-value = 0.013 < 0.05. Menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pelatihan sebelum dan sesudah
menggunakan model peltihan supervisi akademik berbasis competency based
training.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik Competency Based Training
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 15:50
Last Modified: 01 May 2025 15:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9548

Actions (login required)

View Item
View Item