Gambaran Soal Essay yang di Buat oleh Guru pada RPP Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Rao Kabupaten Pasaman

Helmiati, Helmiati (2013) Gambaran Soal Essay yang di Buat oleh Guru pada RPP Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Rao Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_HELMIATI_05527_2834_2013.pdf] Text
B1_2_HELMIATI_05527_2834_2013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan kata kerja operasional soal essay dan materi soal yang dibuat oleh guru dengan tujuan pembelajaran di SMA N 1 Rao. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran soal essay yang dibuat guru pada RPP mata pelajaran sejarah di SMA N 1 Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe evaluatif. Data yang dikumpulkan berupa soal essay yang terdapat dalam RPP guru mata pelajaran sejarah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran sejarah SMA N 1 Rao berjumlah 3 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran soal essay yang di buat oleh guru (1) dari segi validitas konstruksi, terdapat ketidak sesuaian antara KKO soal essay dengan KKO tujuan pembelajaran dan terdapat ketidak sesuaian materi soal dengan materi pada tujuan (2) Dari segi jenis materi dan aspek berfikir yang dujikan guru lebih cendrung mengkaji aspek ingatan dan pemahaman dibandingkan aspek berfikir lainnya (3) dari segi kaidah penulisan tes essay terdapat soal yang tidak mengunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan penulisan EYD, tidak satupun soal essay dilengkapi petunjuk cara mengerjakannya dan ada soal yang terdiri dari dua kata kerja yang dapat mengaburkan maksud soal Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran soal essay yang dibuat oleh guru belum dilaksanakan dengan baik, karena masih terdapat ketidak sesuaian antara KKO soal dan materi soal dengan tujuan pembelajaran. Aspek berifikir yang diujikan lebih sering mengkaji aspek ingatan dan pemahaman. Selain itu terdapat soal yang tidak meggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak terdapat petunjuk cara mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GAMBARAN SOAL ESSAY
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 15:50
Last Modified: 01 May 2025 15:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9547

Actions (login required)

View Item
View Item