Nurhasnah, Nurhasnah (2017) Hubungan Keharmonisan Keluarga dan Status Sosial Ekonomi dengan Konsep Diri Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NURHASNAH_14151041_1111_2017.pdf [thumbnail of B1_01_NURHASNAH_14151041_1111_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NURHASNAH_14151041_1111_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan yang dialami oleh siswa untuk membentuk dan mengembangkan konsep diri. Keharmonisan keluarga dan status sosial ekonomi merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perkembangan konsep diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keharmonisan keluarga, (2) status sosial ekonomi, (3) konsep diri, (4) hubungan keharmonisan keluarga dengan konsep diri, (5) hubungan status sosial
ekonomi dengan konsep diri, dan (6) hubungan keluarga dan status sosial ekonomi secara bersama-sama dengan konsep diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMAN 1 Rao Pasaman sebanyak 332 siswa. Sampel sebanyak 182 siswa, dipilih dengan Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala Model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen keharmonisan keluarga dan konsep diri menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) keharmonisan keluarga siswa berada pada kategori harmonis, (2) status sosial ekonomi orangtua siswa bervariasi. Ditinjau dari kategori tingkat pendidikan orangtua dominan pada tingkat pendidikan dasar, kategori jenis pekerjaan orangtua dominan pada semi terampil, dan kategori tingkat pendapatan orangtua dominan pada tingkat pendapatan di bawah satu juta rupiah, (3) konsep diri siswa berada pada kategori
positif, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi dengan konsep diri, (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi dengan konsep diri, dan (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dan status sosial ekonomi secara bersama-sama dengan konsep diri. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan dalam pelayanan bimibingan dan konseling
di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:44 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9517 |