Hubungan antara Persepsi tentang Perilaku Menyontek dalam Ujian dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman.

Sartiti, Winda (2012) Hubungan antara Persepsi tentang Perilaku Menyontek dalam Ujian dengan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WINDA_SARTITI_88017_3527_2012.pdf] Text
B1_3_WINDA_SARTITI_88017_3527_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya diantanya adalah motivasi. Lebih lanjut motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh persepsi terhadap objek atau lingkungannya antara lain tentang perilaku menyontek. Kenyataannya banyak siswa melakukan penyontekan dalam ujian untuk memperoleh nilai belajar yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana hubungan antara persepsi tentang perilaku menyontek dalam ujian dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang mendeskripsikan persepsi siswa tentang perilaku menyontek dan hubungannya dengan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas XII SMA Negeri 1 Nan Sabaris yang berjumlah sebanyak 214 orang. Sampel ditarik dengan teknik Proposional Random Sampling, dengan sampel sebanyak 68 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan statistik persentase, dan teknik Pearson Product Moment Correlation memanfaatkan program statistik SPSS for windows release 15. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa mempersepsi cukup baik perilaku menyontek. Artinya siswa mempersepsi baik perilaku menyontek dalam ujian, hal ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, siswa hendaknya mempersepsi tidak baik tentang perilaku menyontek dalam ujian. (2) siswa memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi dan cukup tinggi, namun masih ada siswa yang memiliki motivasi rendah dan sangat rendah. (3) tidak terdapat hubungan yang signifikasn antara persepsi tentang perilaku menyontek dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru pembimbing dan guru mata pelajaran agar berkerjasama untuk memberikan bimbingan tentang pembentukan persepsi negatif mengenai perilaku menyontek dalam ujian yang dapat merugikan diri siswa dan orang lain. Merubah persepsi positif siswa tentang perilaku menyontek menjadi persepsi negatif sehingga diharapkan siswa akan memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Menyontek, Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 15:35
Last Modified: 01 May 2025 15:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9493

Actions (login required)

View Item
View Item