Implementasi Penilaian Keterampilan (KI-4) Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Bukittinggi

Delfiyanti, Weni (2016) Implementasi Penilaian Keterampilan (KI-4) Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_WENI_DELFIYANTI_1101690_3833_2016.pdf] Text
B1_2_WENI_DELFIYANTI_1101690_3833_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurikulum 2013, wajib bagi guru untuk menggunakan penilaian keterampilan pada setiap mata pelajaran, sebelumnya pada mata pelajaran tertentu saja. Pelaksanaan penilaian keterampilan belum sesuai dengan langkah-langkah penilaian yang harus dilaksanakan oleh guru sejarah pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran implementasi penilaian keterampilan (KI-4) berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Penilaian keterampilan pada pembelajaran sejarah meliputi: perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian dan pelaporan hasil penilaian berdasarkan langkah-langkah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif tipe Evaluatif. Informan penelitian ini adalah guru-guru sejarah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan peneliti di SMA Negeri 2 Bukittinggi terhadap guru sejarah adalah dari 3 guru sejarah tersebut ditemukan dua diantaranya sudah melaksanakan penilaian keterampilan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, mereka membuat perencanaan penilaian. Namun salah seorang gurunya belum melaksanakan penilaian keterampilan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan diantaranya: tidak membuat instrument penilaian proyek dan portofolio, tidak memantau pengerjaan tugas yang diberikan kepada peserta didik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sejarah belum melaksanakan penilaian keterampilan secara maksimal. Guru tidak mengikuti langkah-langkah atau prosedur penilaian keterampilan pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Oleh karena itu, guru hendaknya melaksanakan penilaian keterampilan sesuai dengan langkah-langkah atau prosedur yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Keterampilan (KI-4), Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 01 May 2025 15:03
Last Modified: 01 May 2025 15:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item
View Item