Persepsi Mahasiswa Jurusan Sejarah terhadap Penilaian Hasil Belajar (LHS).

Rulhayati, Riri (2014) Persepsi Mahasiswa Jurusan Sejarah terhadap Penilaian Hasil Belajar (LHS). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RIRI_RULHAYATI_00432_2814_2014.pdf] Text
B1_2_RIRI_RULHAYATI_00432_2814_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mahasiswa ingin pemberian nilai oleh dosen dilakukan secara transparan
sesuai dengan indikator penilaian mata kuliah yang telah ditetapkan di awal
pertemuan, sehingga tidak timbul prasangka yang kurang baik dari mahasiswa
terhadap dosen yang bersangkutan. . Indikator-indikator dalam penilaian hasil
belajar diantaranya adalah tugas, aktivitas dan ujian. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan untuk mengetahui: 1) persepsi mahasiswa Jurusan Sejarah
terhadap tugas dalam penilaian hasil belajar Melalui (LHS), 2) persepsi
mahasiswa Jurusan Sejarah terhadap aktivitas dalam penilaian hasil belajar
Melalui (LHS) dan 3) persepsi mahasiswa Jurusan Sejarah terhadap ujian dalam
penilaian hasil belajar Melalui (LHS).
Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan melalui angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa sejarah tahun masuk 2009,2010,2011,2012 yang masih terdaftar aktif
dijurusan sejarah Universitas Negeri Padang sebanyak 336 orang. penarikan
sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga didapatkan
sampel 77 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa angket. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba
penelitian untuk menentukan Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian.
Teknik analisas data adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Persepsi
mahasiswa terhadap penilaian hasil belajar dilihat dari tugas yaitu tugas individu
dan tugas kelompok termasuk Tidak Baik, apabila dijadikan sebagai landasan
dalam penilaian hasil belajar, 2) Persepsi mahasiswa terhadap penilaian hasil
belajar dilihat dari aktivitas termasuk Tidak Baik, yaitu aktivitas bertanya dan
aktivitas menjawab, apabila dijadikan sebagai landasan dalam penilaian hasil
belajar dan 3) Persepsi mahasiswa terhadap penilaian hasil belajar dilihat dari
ujian termasuk Tidak Baik, yaitu ujian tengah semester dan ujian akhir semester
apabila dijadikan sebagai landasan dalam penilaian hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 14:52
Last Modified: 01 May 2025 14:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9448

Actions (login required)

View Item
View Item