Kontribusi Self Control dan Self Efficacy terhadap Perilaku Menyontek serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Ardillah, Nur (2017) Kontribusi Self Control dan Self Efficacy terhadap Perilaku Menyontek serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NUR_ARDILLAH_15151033_3794_2017.pdf] Text
B1_01_NUR_ARDILLAH_15151033_3794_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang melakukan perilaku menyontek. Self control dan self efficacy merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self control, (2) mendeskripsikan self efficacy, (3) mendeskripsikan perilaku menyontek, (4) menguji kontribusi self control terhadap perilaku menyontek, (5) menguji kontribusi self efficacy terhadap perilaku
menyontek, dan (6) menguji self control dan self efficacy secara bersama-sama terhadap perilaku menyontek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Swasta Pelita Medan yang berjumlah 276 siswa. Sampel berjumlah 163 siswa, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen self control, self efficacy, dan perilaku menyontek, menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara umum gambaran
self control berada pada kategori tinggi, (2) secara umum gambaran self efficacy berada pada kategori tinggi, (3) secara umum gambaran perilaku menyontek berada pada kategori rendah, (4) terdapat kontribusi self control yang signifikan
terhadap perilaku menyontek, (5) terdapat kontribusi self efficacy yang signifikan terhadap perilaku menyontek, dan (6) terdapat kontribusi self control dan self efficacy secara bersama-sama yang signifikan terhadap perilaku menyontek. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa dalam penyusunan program pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya SMP Swasta Pelita Medan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Self Control
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 14:48
Last Modified: 01 May 2025 14:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9435

Actions (login required)

View Item
View Item