Pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) pada Kelas VIII di SMP N 10 Padang

Sari, Widya Marta (2012) Pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) pada Kelas VIII di SMP N 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WIDYA_MARTA_SARI_83120_3591_2012.pdf] Text
B1_3_WIDYA_MARTA_SARI_83120_3591_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) pada kelas VIII Di SMP N 10 Padang ditemui permasalahan yaitu guru belum sepenuhnya membuat persiapan mengajar, kurangnya variasi mengajar seperti penggunaan variasi suara, pemusatan perhatian, variasi dalam penggunaan media, kesenyapan, pergantian posisi guru dalam kelas serta guru tidak pernah memberikan reeword kepada siswa, serta pengelolaan kelas yang kurang baik, metode yang digunakan guru masih metode ceramah dan kurangnya fasilitas mengajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kelas VIII SMP N10 Padang yang berkaitan dengan pelaksanaan proses pembelajaran TI&K. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data pendukung adalah kepala sekolah dan siswa. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan di bantu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, reduksi data dilakukan dengan jalan membuat rangkuman yang inti, proses dan pertanyaanpertanyaan yang perlu dijaga sehingga tetap berada di dalamnnya, pemrosesan satuan, mengkategorikan aspek-aspek yang diteliti, mengadakan keabsahan data, penafsiran data, mendeskripsikan data yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya tentang data yang diperoleh, membahas data dan menyimpulkan hasil penelitian. Dari hasil peneltian terungkap dalam pelaksanaan pembelajaran TI&K di SMP N 10 Padang. Guru belum sepenuhnya membuat persiapan mengajar, kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru yaitu mengadakan tanya jawab, namun tidak setiap pertemuan guru mengadakan tanya jawab tersebut, guru jarang melakukan apersepsi, yang selalu dilakukan guru di awal pembelajaran adalah mengambil absen, metode yang digunakan guru hanya metode ceramah, sesekali tanya jawab kepada siswa, dalam pengelolaan kelas guru agak kacau, guru tersebut kurang bisa menguasai kelas dengan baik. Dan kurangnya variasi dalam mengajar seperti penggunaan variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, pergantian posisi guru dalam kelas serta guru tidak pernah memberikan reeword kepada siswa. Pada kegiatan inti, saat menerangkan materi guru hanya menggunakan media papan tulis, dan dalam kegiatan menutup pelajaran guru jarang menyimpulkan pembelajaran yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 14:07
Last Modified: 01 May 2025 14:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item
View Item