Gusril, Henny (2012) Pengaruh Sistem Penilaian dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa Geografi Kelas XI di SMA PGRI 1 Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HENNY_GUSRIL_51399_3790_2012.pdf [thumbnail of B1_1_HENNY_GUSRIL_51399_3790_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HENNY_GUSRIL_51399_3790_2012.pdf
Download (158kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, 1) apakah terdapat perbedaan
hasil belajar dengan sistem penilaian reward & punishment dengan hasil belajar
dengan sistem konvensional. 2) Untuk mengkaji apakah meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dengan menerapkan sistem penilaian
reward & punishment. 3) Untuk mengkaji apakah terdapat perbedaan antara siswa
yang memiliki motivasi rendah dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi
terhadap hasil belajar Geografi dengan menerapkan sistem penilaian reward &
punishment. 4) Untuk mengkaji apakah terdapat interaksi antara sistem penilaian
Reward & punishment dengan sistem penilaian konvensional mempengaruhi hasil
belajar Geografi.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan
di SMA PGRI 1 Kota Padang semester Genap tahun 2010/2011. Sampel diambil
secara cluster sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest, test
motivasi dan posttest. Data dianalisis dengan uji Tuckey.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) secara keseluruhan siswa
yang belajar dengan sistem penilaian reward & punishment lebih tinggi hasilnya
dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan sistem penilaian konvensional.
(2) secara keseluruhan siswa yang belajar dengan motivasi berprestasi tinggi dan
diberikan perlakuan sistem penilaian reward & punishment lebih tinggi hasilnya
dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan sistem penilaian konvensional.
(3) secara keseluruhan siswa yang belajar dengan motivasi berprestasi rendah dan
diberi perlakuan dengan sistem penilaian reward & punishment lebih rendah
hasilnya dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan sistem penilaian
konvensional. (4) ada interaksi antara teknik penilaian dengan motivasi belajar
dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil Belajar siswa yang
diberikan Sistem penilaian reward & punishment lebih tinggi dari pada sistim
penilaian konvensional, setelah memperhitungan kemampuan awal hasil belajar
siswa. (2) Hasil belajar siswa yang diberikan dengan sistim penilaian reward &
punishment lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diberikan dengan sistim
penilaian konvensional yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, setelah
memperhitungkan kemampuan awal siswa (3) Hasil belajar siswa yang diberikan
dengan sistim penilaian konvensional lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa
yang diberikan dengan sistim penilaian reward & punishment yang memiliki
motivasi berprestasi rendah, setelah memperhitungkan kemampuan awal siswa.
(4) Terdapat pengaruh interaksi antara hasil belajar siswa dan motivasi berprestasi
tinggi terhadap hasil belajar, setelah memperhitungkan kemampuan awal siswa
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:06 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9272 |