Pengembangan Multimedia Berbasis PowerPoint dalam Bimbingan TIK Tingkat SMP

Afandi, Asraf (2019) Pengembangan Multimedia Berbasis PowerPoint dalam Bimbingan TIK Tingkat SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ASRAF_AFANDI_14004001_693_2019.pdf] Text
B1_03_ASRAF_AFANDI_14004001_693_2019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pengembangan ini dilakukan sebagai upaya membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam bimbingan TIK di SMP Negeri 25 Padang. Hal ini dikarenakan waktu pembelajaran yang relatif singkat dalam bimbingan TIK sehingga membuat siswa belum memahami sepenuhnya yang disampaikan guru ditambah lagi penggunaan media yang kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran, membuat siswa kesulitan ketika guru memberikan tugas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (R&D). Uji validitas produk dilakukan kepada empat orang validator dengan satu orang validator materi dan dua orang validator media. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas VII.1 yang berjumlah 29 orang mengikuti pretest dan posttest untuk menguji efektifitas multimedia berbasis PowerPoint dengan melihat perbedaan signifikan antara keduanya. Berdasarkan hasil penilaian validasi materi dari guru bimbingan TIK dan dosen validator media yakni, hasil validasi materi sudah dikategorikan sangat valid dengan jumlah skor rata-rata 4,62 (skor maksimum 5) dari hasil penilaian oleh validator materi. Demikian juga dengan hasil validasi media dikategorikan sangat valid dengan jumlah skor rata-rata 4,8 (skor maksimum 5) dari penilaian hasil penilaian oleh validator media I dan jumlah skor rata-rata 4,7 dari hasil penilaian validator media II. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar 4,77 dikategorikan sangat praktis. Hasil uji efektifitas diperoleh thitung sebesar 14,40 kemudian dilihat ttabel menggunakan tabel t dengan df = N-1 = 29-1 = 28 dengan α 0,05 maka ttabel adalah 2,048. Jadi thitung > ttabel, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan multimedia berbasis PowerPoint. Berdasarkan hasil uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas dapat disimpulkan bahwa multimedia berbasis PowerPoint yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran bimbingan TIK.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Powerpoint, Bimbingan tik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 01 May 2025 13:05
Last Modified: 01 May 2025 13:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9267

Actions (login required)

View Item
View Item