Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung

Putri, Anggi Meiviano (2017) Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ANGGI_MEIVIANO_PUTRI_1201792_2142_2017.pdf] Text
B1_04_ANGGI_MEIVIANO_PUTRI_1201792_2142_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Hal ini disebabkan salah satunya oleh faktor kebiasaan belajar yang dimiliki oleh siswa. Kebiasaan belajar merupakan aktivitas yang dilakukan secara berulang oleh individu itu sendiri sehingga kemudian tertanam dan menjadi corak dari individu tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Manfaat penelitian ini adalah untuk bahan bagi semua pihak yang terkait bahwa kebiasaan belajar yang dimiliki siswa akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Sijunjung yang terdiri dari siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 yang berjumlah 69 orang.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 orang karena sampel kurang dari 100 sehingga menggunakan total sampling. Data kebiasaan belajar siswa diperoleh melalui penyebaran angket dan data hasil belajar sosiologi siswa diperoleh dariguru sosiologi SMA N 1Sijunjung. Variabel penelitian terdiri dari variabel kebiasaan belajar (X) dan variabel hasil belajar (Y). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian koefisien korelasi r hitung 0.714> r tabel 0.235 yang berarti secara statistik terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA N 1Sijunjung. Hasil uji hipotesis per indikator antara indikator kebiasaan belajar dengan hasil belajar sosiologi menunjukkan bahwa semua indikator berhubungan dengan hasil belajar sosiologi. Berdasarkan kesimpulan tersebut, disarankan kepada siswa agar dapat mempertahankan diri meningkatkan kebiasaan belajar ke arah yang lebih baik agar tidak memberikan hasil belajar yang buruk.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 01 May 2025 13:04
Last Modified: 01 May 2025 13:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9263

Actions (login required)

View Item
View Item