Wahyuni, Wahyuni (2014) Pemanfaatan Perpustakaan Universitas Negeri Padang oleh Mahasiswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_WAHYUNI_04063_4332_2014.pdf [thumbnail of B1_3_WAHYUNI_04063_4332_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_WAHYUNI_04063_4332_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perpustakaan Universitas Negeri Padang sebagai penyedia informasi di Universitas Negeri Padang mempunyai tugas mendukung tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk itu pustakawan berupaya sekuat tenaga agar perpustakaan dapat dimanfatkan secara optimal oleh penggunanya, khususnya civitas akademika. Sesuai dengan permasalahan yang ditemui, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelayanan teknis dan pelayanan pembaca yang dilakukan oleh pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Padang dan pemanfaatan perpustakaan Universitas Negeri Padang oleh mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh petugas perpustakaan dan mahasiswa yang memanfaatkan perpustakaan Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan dilanjutkan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa layanan teknis yang dilaksanakan di perpustakaan UNP antara lain terdiri dari kegiatan pengadaan, pengolahan dan pelestarian koleksi. Sedangkan layanan pengguna terdiri dari layanan sirkulasi dan referensi (informasi & literasi). Selain untuk tempat meminjam buku atau mencari referensi tugas perkuliahan, perpustakaan UNP juga menjadi sarana rekreasi dengan beragam koleksi lainnya. Perpustakaan UNP juga memiliki fasilitas tambahan seperti Wifi sehingga para pengunjung juga dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk mencari informasi dari internet. Permasalahan di perpustakaan UNP adalah adanya koleksi-koleksi yang tidak lagi layak pakai dan pelayanan yang kurang dari petugas perpustakaan menyebabkan beberapa pengunjung merasa kurang nyaman dan menjadi malas memanfaatkan koleksi di perpustakaan UNP, meskipun di setiap fakultas telah disediakan fasilitas perpustakaan, namun pengunjung tetap memanfaatkan koleksi-koleksi dan fasilitas wifi yang terdapat di Perpustakaan UNP. Oleh sebab itu perlu pembaharuan koleksi dan peningkatan pelayanan terhadap pengunjung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 01 May 2025 12:55 |
Last Modified: | 01 May 2025 12:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9224 |