Pengembangan E-Module Pembelajaran Menggunakan Aplikasi WordPress Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas VII SMP

Anarchy, Arsandy Astania (2018) Pengembangan E-Module Pembelajaran Menggunakan Aplikasi WordPress Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ARSANDY_ASTANIA_ANARCHY_1304755_1315_2018.pdf] Text
B1_03_ARSANDY_ASTANIA_ANARCHY_1304755_1315_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang cenderung kurang dalam hal perhatian serta konsentrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-module pembelajaran menggunakan aplikasi WordPress untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis serta efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall. Adapun prosedur pengembangan dari penelitian ini terdiri dari sepuluh tahap, yaitu Uji validitas produk dilakukan oleh tiga validator yaitu satu validator ahli materi dan dua validator ahli media. Uji coba produk dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji coba I dan uji coba II. Uji coba I dilakukan kepada siswa sebanyak tiga orang dan uji coba II dilakukan kepada siswa sebanyak 30 orang. Instrumen penilaian yang digunakan berupa angket dan format penilaian. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori “Sangat Valid” dengan rerata 4,69 (Maksimum 5,0), dan untuk aspek media berada pada kategori “Sangat Valid” dengan rerata 4,73 (Maksimum 5,0). Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk yang telah dilakukan berada pada kategori “Sangat Praktis” dengan rerata 4,56 (Maksimum 5,0). Media yang telah praktis dinyatakan efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dengan post-test sebelum dan sesudah menggunakan e-module pembelajaran yaitu ttabel = 2,045 t hitung 20,64 dengan demikian thitung > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut, maka dapat disimpulkan e-module pembelajaran pada mata pelajaran geografi menggunakan aplikasi WordPress yang telah dikembangkan layak, praktis serta efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Module, WordPress
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 01 May 2025 12:54
Last Modified: 01 May 2025 12:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9219

Actions (login required)

View Item
View Item