Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Padang

Triadmanora, Vici (2020) Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_VICI_TRIADMANORA_16046142_3684_2020.pdf] Text
B1_2_VICI_TRIADMANORA_16046142_3684_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan awal peneliti pada studi pendahuluan, yang menunjukkan bahwa kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi pembelajaran sejarah, adanya siswa yang tidak memahami tujuan belajar mata pelajaran sejarah. Sehubungan dengan hal tersebut peneliti ingin melihat bagaimana pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan antara bulan Juni - Juli 2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 5 dan XI MIA 6 SMA Negeri 1 Padang dengan total 62 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dikembangkan oleh peneliti dengan indikator yaitu menjelaskan, menguraikan, merumuskan, merangkum, memberikan contoh, menyimpulkan, memperkirakan, menerangkan, menarik kesimpulan, meringkas, membuktikan, dan mengembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mencari rata-rata skor masing-masing indikator kemudian dilanjutkan dengan mencari tingkat capaian responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Padang berdasarkan indikator menjelaskan adalah 75%; berdasarkan indikator menguraikan adalah 75,5%; berdasarkan indikator merumuskan adalah 76,5%; berdasarkan indikator merangkum adalah 83%; berdasarkan indikator memberikan contoh adalah 74%; berdasarkan indikator menyimpulkan adalah 79%; berdasarkan indikator memperkirakan adalah 69,5%; berdasarkan indikator menerangkan adalah 73,5%; berdasarkan indikator menarik kesimpulan adalah 77%; berdasarkan indikator meringkas adalah 80%; berdasarkan indikator membuktikan adalah 76,5%; dan berdasarkan indikator mengembangkan adalah 76,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Padang tergolong baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 01 May 2025 12:51
Last Modified: 01 May 2025 12:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9207

Actions (login required)

View Item
View Item