Persepsi Waiter/ess terhadap Peran Supervisor Restaurant di The Axana Hotel Kota Padang

Vioman, Raka Maulana (2017) Persepsi Waiter/ess terhadap Peran Supervisor Restaurant di The Axana Hotel Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RAKA_MAULANA_VIOMAN_1306381_5347_2017.pdf] Text
B1_04_RAKA_MAULANA_VIOMAN_1306381_5347_2017.pdf

Download (703kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh cara memimpin seorang supervisor terhadap beberapa tugas supervisor yang difokuskan, yaitu pengawasan dan bimbingan. Setelah peneliti melakukan observasi di The Axana Hotel Kota Padang, terlihat beberapa masalah mengenai pengawasan dan bimbingan. Pengawasan yang dilakukan oleh supervisor yang ada di The Axana Hotel sudah dilakukan namun terkadang supervisor mendapat halangan untuk melakukan pengawasan, maka terjadi pemindahan tugas dan tanggung jawab dalam hal pengawasan tersebut ke staf yang in-charge atau captain.Sedangkan bimbingan yang dilakukan oleh supervisor restaurant yang ada di The Axana Hotel cukup baik namun supervisor terlalu terfokus kepada pengarahan kerja bukan tentang bimbingan pengembangan diri para staf bawahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati, mengetahui dan mendeskripsikan tugas dan tanggung jawab seorang supervisor khususnya dibagian restaurant. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di The Axana Hotel Kota Padang yang beralamatkan di Jl Bundo Kandung No. 14-16, Kota Padang. Informan atau sumber data adalah staff Waiter/ess sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan melakukan tiga tahapan yaitu: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum peranan seorang supervisor di food and beverage service department khususnya di bagian restaurant sudah dalam kategori baik untuk memberikan pengawasan terhadap waiter/ess dan untuk bimbingan dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Peran Supervisor, Pengawasan, Bimbingan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 30 Apr 2025 03:14
Last Modified: 30 Apr 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9177

Actions (login required)

View Item
View Item