Yuliasma, Yuliasma (2019) Model Pembelajaran TAGUNTA di Sekolah Dasar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_YULIASMA_19474_1937_2020.pdf [thumbnail of B1_08_YULIASMA_19474_1937_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_YULIASMA_19474_1937_2020.pdf
Download (598kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan yang peneliti lakukan terhadap
kegiatan pembelajaran tari di SD yang tidak melaksanakan praktek tari karena guru
kurang memahami materi praktek yang cocok untuk siswa, disamping itu guru juga
kurang memiliki pengetahuan bagaimana mengajarkan keterampilan gerak yang
sesuai dengan kebutuhan siswa. Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan,
dirasakan sangat diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu guru dan
siswa dalam menyelesaikan persoalan pembelajaran praktik tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk: pertama, mengembangkan model pembelajaran tari menggunakan
cerita di sekolah dasar. Kedua, mendapatkan model yang valid, praktis, dan efektif.
Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan yang terdiri
dari: (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) melakukan perencanaan, (3)
mengembangkan jenis/bentuk produk awal, (4) melakukan uji coba tahap awal, (5)
melakukan revisi terhadap produk utama, (6) melakukan uji coba kelompok kecil,
(7) melakukan revisi terhadap produk, (8) melakukan uji coba lapangan
operasional, (9) melakukan revisi produk akhir, (10) mendesiminasikan /
mengimplementasikan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 11 dan SDN
58 Lubuk Buaya, Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,
pengamatan, wawancara, dan tes. Untuk melihat kelayakan model dilakukan uji
validitas oleh empat orang ahli, uji kepraktisan oleh guru dan siswa serta uji
keefektifan melalui tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran TAGUNTA
di Sekolah Dasar yang peneliti kembangkan teruji dapat mengatasi masalah
pembelajaran tari di sekolah dasar. Kelayakan model pembelajaran TAGUNTA ini
dibuktikan dengan hasil uji validitas dengan nilai rata-rata keseluruhan yang berada
pada kategori sangat valid, uji kepraktisan dengan nilai rata-rata keseluruhan yang
berada pada kategori praktis, dan uji keefektifan dengan nilai rata-rata keseluruhan
yang berada pada kategori sangat efektif
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran
TAGUNTA yang peneliti kembangkan ini valid, praktis, efektif, dan layak
digunakan pada pembelajaran tari di sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran TAGUNTA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:44 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9168 |