Pelaksanaan Pembelajaran Matematika bagi Siswa Tunanetra Kelas XI di SMK Negeri 7 Padang pada Masa Pandemi Covid-19

Suzana, Veronica (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika bagi Siswa Tunanetra Kelas XI di SMK Negeri 7 Padang pada Masa Pandemi Covid-19. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_VERONICA_SUZANA_17003107_3863_2021.pdf] Text
B1_2_VERONICA_SUZANA_17003107_3863_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di kota Padang, yaitu SMK Negeri 7 Padang tentang pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa tunanetra pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa tunanetra pada masa pandemi covid-19. Pelaksanaan pembelajaran tersebut meliputi penyusunan Rancangan Program Pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran matematika (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan akhir), kendala dan solusi dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian adalah guru mata pelajaran matematika, guru pembimbing khusus, wali kelas XI, orang tua siswa tunanetra dan siswa tunanetra (D). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang kemudian dianalisis, disajikan dan ditarik kesimpulan dari data-data tersebut. Pelaksanaan pembelajaran matematika pada siswa tunanetra (D) pada masa pandemi dilakukan sama seperti siswa reguler lainnya dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dimana di dalam aplikasi tersebut guru akan mengkondisikan semua kegiatan belajar mengajar mulai dari pengambilan absensi, penyampaian materi melalui video, tanya jawab dan evaluasi. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran matematika bagi siswa tunanetra (D) siswa merasa sulit memahami pembelajaran yang diberikan saat daring ini karena daring siswa di dampingi oleh orang tua dan orang tua terkadang bingung mau mengajarkannya seperti apa dan memakai media seperti apa. Guru mata pelajaran matematika juga kesulitan dalam memberikan materi pelajaran, metode, strategi dan media pembelajaran yang seperti apa yang bagus dan cocok untuk siswa tunanetra agar siswa tunanetra memahami pembelajaran yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan inklusif, Pembelajaran matematika, Pandemi covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 29 Apr 2025 22:45
Last Modified: 29 Apr 2025 22:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9136

Actions (login required)

View Item
View Item