Meningkatkan Kemampuan Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar Matematika Melalui Metode Jarimagic: Single Subject Reserch kelas III di SDN 12 Pisang Padang

Febrita, Vella (2014) Meningkatkan Kemampuan Perkalian bagi Anak Kesulitan Belajar Matematika Melalui Metode Jarimagic: Single Subject Reserch kelas III di SDN 12 Pisang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_VELLA_FEBRITA_17933_2351_2015.pdf] Text
B1_2_VELLA_FEBRITA_17933_2351_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SDN 12 Pisang Padang, seorang anak kesulitan belajar matematika kelas III yang mengalami masalah dalam perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa metode jarimagic meningkatkan kemampuan perkalian anak kesulitan belajar matematika di SDN 12 Pisang Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak kesulitan belajar matematika kelas III. Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yaitu pertama, sesi baseline (A) yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, persentase kemampuan perkalian pada kondisi ini siswa hanya mampu mendapatkan hasil 36%. Kedua, sesi intervensi (B) dengan menggunakan metode jarimagic, pengamatan dilakukan sebanyak sembilan kali, persentase kemampuan perkalian pada kondisi ini terletak pada rentang 48%, dan 100%. Analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan perkalian secara posistif, dan overlape data pada analisis antar kondisi sangat kecil yaitu 0%, hal ini menunjukkan semakin kecil persentase overlape maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target behavior dalam penelitian ini. Sehingga berdasarkan analisis diatas hipotesis diterima yaitu menunjukkan bahwa metode jarimagic dapat meningkatkan kemampuan perkalian bagi anak berkesulitan belajar matematika X kelas III SDN 12 Pisang Padang. Jadi metode jarimagic dapat menjadi salah satu acuan dalam pemahaman konsep perkalian dan meningkatkan kemampuan perkalian bagi anak kesulitan belajar matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Perkalian, Metode Jarimagic, Kesulitan Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 29 Apr 2025 22:34
Last Modified: 29 Apr 2025 22:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9100

Actions (login required)

View Item
View Item