Pengaruh Diferensiasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar XL pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang.

Vivironika, Dona (2011) Pengaruh Diferensiasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar XL pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_DONA_VIVIRONIKA_82943_2403_2012.pdf] Text
B1_7_DONA_VIVIRONIKA_82943_2403_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruhdiferensiasi produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar XLpada mahasiswa Universitas Negeri Padang.Jenis penelitian ini adalah kausatif, dimana penelitian ini mengidentifikasihubungan sebab akibat antara satu variabel dengan variabel lainnya atau bagaimanasuatu variabel mempengaruhi variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh mahasiswa Universitas Negeri Padang yang menggunakan kartu prabayarXL. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan caraaccidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif daninduktif yaitu analisis jalur (path analysis). Hipotesis diuji dengan uji F dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel diferensiasi produkberpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar XLpada mahasiswa Universitas Negeri Padang. (2) variabel harga berpengaruhsignifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar XL padamahasiswa Universitas Negeri PadangBerdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada pihakperusahaan agar menyediakan fitur-fitur semenarik mungkin dan memberikaninformasi yang lengkap dan mudah diakses oleh pelanggan agar pelanggan dapatmemanfaatkan secara maksimal fitur-fitur yang telah disediakan seperti“Komunitas XL”. Selain itu, perusahaan juga harus menurunkan tarif telepon keoperator lain agar dapat bersaing dengan tarif dari operator lain karena sebagianbesar pelanggan merasa tarif telepon ke operator lain yang ditawarkan oleh XLmasih tergolong mahal bila dibandingkan dengan beberapa pesaing yang ada saatini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PRODUK, HARGA, KEPUASAN PELANGGAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 29 Apr 2025 09:24
Last Modified: 29 Apr 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9064

Actions (login required)

View Item
View Item