Safalas, Arief (2017) Pengembangan Media Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Mata Pelajaran Teknik Komputer Jaringan (TKJ) Kelas X di SMK Subulus Salam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ARIEF_SAFALAS_54113_5221_2017.pdf [thumbnail of B1_03_ARIEF_SAFALAS_54113_5221_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ARIEF_SAFALAS_54113_5221_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Bedasarkan hasil penelitian penulis terlihat bahwa proses belajar mengajar masih kurang optimal. Hal initerbuktidari banyaknya siswa yang pasif dalam belajar yang di sebabkan penggunaan media yang kurang menarik, mengakibatkan rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Pada penelitian ini penulis melakukan pemanfaatan sebuah media pembelajaran yang menarik pada pembelajaran yang bertujuan untuk meneliti bagai manakah Pengembangan mediaCAI Pada Pelajaran TKJ di SMK Subulus Salam. Prosedur pengembangan menggunakan model research and development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan sebuah produk. Subjek penelitian adalah 2 orang ahli materi yang merupakan guru mata pelajaran TKJ dan 2 orang ahli media yaitu dosen jurusan KTP FIP UNP dan 5 orang siswa kelas X di SMK Subulus Salam. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, format penilaian validitas dari aspek materi, mediadan angket persepsi subjek uji coba terhadap praktikalitas penggunaan media. Proses hasil pengembangan ini melalui beberapa tahapan yaitu menganalisis kurikulum yang diterapkan di sekolah dan menganalisis media yang akan di terapkan pada siswa. Dan langkah selanjutnya merancang media dengan bantuan flowchart, storyboard, validasi produk dan uji coba praktikalitas. Selanjutnya, media dibuat menggunakan macromedia flashdan ditunjang dengan desainbackground menggunakan photoshop. Pada uji hasil validasi terhadap media CAI dengan menggunakan aplikasi macromedia flash maka didapat untuk ahli materi dengan skor nilai 60 dan 63, dimana skor maksimal 70 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, untuk ahli media mendapatkan nilai 76 dan 78, dimana skor maksimal 85 dengan kategori sangat baik. Hasil uji praktikalitas media pada mata pelajaran TKJ kelas X SMK Subulus Salam maka didapat persentasi 98,89 dan dapat dikategorikan “Sangat Praktis”. Dengan ini maka media yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai salah satu alternatif media untuk mata pelajaran TKJ di SMK Subulus Salam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media CAI, Teknik komputer jaringan (TKJ) |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 09:21 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9055 |