Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bimbingan Tik untuk Siswa SMA Kelas X

Syahputra, Wahyu Fauzan (2021) Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bimbingan Tik untuk Siswa SMA Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WAHYU_FAUZAN_SYAHPUTRA_17004070_1303_2022.pdf] Text
B1_3_WAHYU_FAUZAN_SYAHPUTRA_17004070_1303_2022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pegembangan podcast pada matapelajaran Bimbingan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 8 Padang merupakan suatu upaya baru dalam mengkreasikan sumber belajar, sehingga dengan penggunaan podcast dapat menunjang motivasi, minat dan gaya belajar peserta didik. Selain itu peserta didik akan menjadi lebih mandiri dalam proses pembelajaran. Penelitian pengembangan podcast ini bertujuan untuk menghasilkan podcast yang berkualitas dengan kriteria kelayakan bahan ajar serta mengetahui kelayakan produk berdasarkan penilaian validator materi, validator media dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah (Research & Development). Uji validitas produk dilakukan oleh tiga (3) orang validator yang terdiri dari dua (2) orang validator media dan satu (1) orang validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada siswa/i SMA Negeri 8 Padang pada semester satu (I) tahun ajaran 2021/2022. Subjek uji praktikalitas terdiri sebanyak 12 orang siswa untuk menguji kepraktisan produk podcast yang dirancang dengan aplikasi wondershare filmora 9. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan produk oleh validator media dan validator materi, hasil penilaian yang diperoleh dari dua orang validator media dikategorikan “Sangat Layak” untuk digunakan dengan rata-rata 4,31. Hasil validasi penilaian oleh satu orang validator materi juga dikategorikan “Sangat Sesuai” untuk disajikan dengan rata-rata validator materi 4,75. Selanjutnya, hasil uji coba praktikalitas produk yang dilakukan berada pada kategori praktis digunakan dengan rata-rata keseluruhan 4,50 dan dengan persentase 90,08% yang berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk podcast telah siap dikembangkan dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran khususnya proses bimbingan pada matapelajaran Bimbingan TIK, dengan sudah melalui proses desiminasi (penyebaran) melalui aplikasi instagram dan diakses oleh setiap siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Podcast, Bimbingan TIK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:53
Last Modified: 29 Apr 2025 07:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9054

Actions (login required)

View Item
View Item