Syahputra, Rahmadani (2017) Strategi Promosi Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_RAHMADANI_SYAHPUTRA_1302588_1823_2017.pdf [thumbnail of B1_04_RAHMADANI_SYAHPUTRA_1302588_1823_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_RAHMADANI_SYAHPUTRA_1302588_1823_2017.pdf
Download (273kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kegiatan promosi pariwisata yang diikuti oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Sehingga diperlukan adanya strategi dalam kegiatan promosi destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata dengan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta mendeskripsikan strategi promosi yang dapat dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yang melibatkan informan, yaitu: empat pegawai Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari satu kepala bidang dan tiga orang kepala seksi di Bidang Pemasaran Pariwisata, kemudian empat orang wisatawan. Data dianalisis secara reduksi yaitu merangkum, memilih dan memfokuskan pada halhal penting, serta menganalisis data yang diperoleh terhadap masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Kekuatan banyaknya destinasi wisata yang dimiliki dan dapat ditawarkan serta dikemas dalam bentuk animasi. 2). Kelemahan ialah anggaran pemerintah masih terbatas untuk mengadakan kegiatan, penyebaran brosur yang masih terbatas di tempat tertentu. 3). Peluang yang dimiliki ialah banyaknya organisasi kepariwisataan yang bisa diikutsertakan dalam kegiatan promosi kemudian mencari anggaran kegiatan dari pihak lainnya. 4). Ancaman yang dimiliki persaingan dengan pihak swasta atau Instansi di Provinsi lain. Strategi promosi destinasi wisata yang dapat dilakukan ialah antara lain: 1). Semakin banyak berbagai kegiatan promosi pariwisata . 2). Mencari sumber anggaran lain baik melalui kerjasama ataupun mengajukan proposal. 3). Mengajak organisasi kepariwisataan untuk terlibat dalam kegiatan promosi. 4). Melakukan evaluasi dari setiap kegiatan promosi yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Promosi, Destinasi Wisata |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:51 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9044 |