Enriching the Elementary School Students’ Vocabulary by Inserting Pictures in Missing lyrics of Children Songs

Sari, Mailisa Purnama (2011) Enriching the Elementary School Students’ Vocabulary by Inserting Pictures in Missing lyrics of Children Songs. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_MAILISA_PURNAMA_SARI_72710_0005_2011.pdf] Text
B1_MAILISA_PURNAMA_SARI_72710_0005_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kosakata merupakan salah satu komponen yang penting dari suatu bahasa. Siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami empat kemampuan dalam bahasa yaitu mendengar, membaca, berbicara, dan menulis, tanpa memiliki penguasaan kosakata yang cukup. Masih banyak kosa kata dalam Bahasa Inggris yang masih belum diketahui oleh siswa. Padahal kosakata tersebut mestinya sudah mereka ketahui karena mereka sering berinteraksi dan menggunakannya dalam kehidupan mereka sehari hari, seperti kosakata yang berkaitan dengan sekolah, anggota tubuh, rumah, dll. Hal ini terjadi karena mereka menganggap pelajaran Bahasa Inggris itu adalah pelajaran yang sulit, tidak menarik dan membosankan. Selain itu, hal ini terjadi karena teknik pengajaran yang dipakai oleh guru tidak menarik dan mereka jarang menggunakan media di dalam kelas. Ada berbagai macam teknik yang digunakan oleh guru dalam memperkaya kosakata siswa. Maka, melalui makalah ini penulis akan menguraikan salah satu teknik pengajaran kosakata yang efektif dan dapat menimbulkan semangat belajar siswa. Adapun teknik tersebut adalah memasukkan gambar ke dalam missing lyrics lagu anak-anak. Dalam teknik ini, guru menggunakan media gambar dengan memasukkan gambar-gambar tersebut ke dalam lagu yang telah dihilangkan beberapa kosakatanya. Guru bisa menempelkan atau menuliskan lagu tersebut pada sebuah kertas karton. Melalui makalah ini, penulis berharap bisa membantu siswa dalam memperkaya kosakata mereka dan juga bisa membantu guru dalam pengajaran kosakata dikelas. Sehingga teknik pengajaran yang mereka lakukan juga bervariasi, menarik, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Inggris, Teknik pengajaran yang tidak menarik, Media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:48
Last Modified: 29 Apr 2025 07:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item
View Item