Sundari, Vita (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Interaktif Macromedia Flash dan Media Presentasi Power Point Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) Kelas X SMK N 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_VITA_SUNDARI_2637_2015.pdf [thumbnail of B1_3_VITA_SUNDARI_2637_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_VITA_SUNDARI_2637_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil belajar siswa yang masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh faktor tidak tepatnya penggunaan media dalam proses belajar dan kebiasaan belajar siswa yang masih rendah. Maka dari itu, perlu media pembelajaran yang mampu melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar DKK meningkat. Media interaktif macromedia flash dapat diterapkan agar siswa dapat berperan aktif dan dapat menimbulkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa terhadap media interaktif macromedia flash dan media presentasi power point dalam pembelajaran DKK kelas X SMK N 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitian kelas X SMK N 2 Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua kelas yaitu X TAV A dan X TAV B. Dari kedua kelas ini dipilih secara acak, kelas X TAV A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV B sebagai kelas komtrol. Untuk melihat kemampuan awal siswa dilakukan analisis ulangan harian siswa (UH) pada mata pelajaran DKK. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (postest) berupa soal objektif sebanyak 26 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Hasil analisis data terlihat bahwa kelas yang menggunakan media interaktif macromedia flash memiliki rata-rata nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media presentasi power point. Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,61 > 1,999. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam menggunakan media interaktif macromedia flash dan media presentasi power point pada mata pelajaran DKK di SMK N 2 Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Macromedia Flash, Power Point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:42 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9010 |