Handayani, Tria (2019) Meningkatkan Keterampilan Menanam Kacang Tanah Melalui Metode Demonstrasi Berbasis Analisis Tugas pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1X: Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri I Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_TRIA_HANDAYANI_1300124_5635_2019.pdf [thumbnail of B1_2_TRIA_HANDAYANI_1300124_5635_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_TRIA_HANDAYANI_1300124_5635_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di kelas IX tunagrahita ringan di SLB Negeri I Padang pada bulan Juni 2019. Pembelajaran keterampilan menanam kacang tanah pada anak tunagrahita ringan, terlihat proses kerja anak masih kurang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) membuktikan apakah metode demonstrasi berbasis analisis tugas dapat meningkatkan keterampilan menanam kacang tanah pada anak tunagrahita ringan, 2) mendeskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menanam kacang tanah melalui metode demonstrasi berbasis analisis tugas pada anak tunagrahita ringan kelas IX di SLB Negeri I Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Sebagai subjek penelitian dua orang anak tunagrahita ringan kelas IX C. Data diperoleh melalui observasi, dan tes perbuatan. Kemudian dianalisis secara kualitatif dijabarkan melalui hasil tes. Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama 7 (tujuh) kali pertemuan menunjukkan bahwa kemampuan awal sebelum perlakuan menanam kacang tanah oleh BY 28%, DAN ML 39%. Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan BY meningkat (63%), dan ML (68%). Pada siklus II kemampuan BY meningkat menjadi (89%), dan ML (93%). Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstari berbasis analisis tugas dapat meningkatkan keterampilan menanam kacang tanah pada anak tunagrahita ringan kelas IX di SLB Negeri I Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi Berbasis Analisis Tugas, Kacang Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8969 |