Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Mata Diklat Menerapkan Material Finishing Bangunan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Koto XI Tarusan

Rianti, Eka Winda (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Mata Diklat Menerapkan Material Finishing Bangunan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_EKA_WINDA_RIANTI_1106700_145_2016.pdf] Text
B1_01_EKA_WINDA_RIANTI_1106700_145_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata diklat Menerapkan Material Finishing Bangunan. Dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pada mata diklat Menerapkan Material Finishing Bangunan siswa kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan.
Penelitian ini termasuk penelitian True Eksperimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa kelas XI TGB. Sampel dalam penelitian ini terpilih 2 kelas yaitu kelas XI TGB A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TGB B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) yang berbentuk soal objektif berjumlah 30 butir soal yang telah diuji validitasnya, reliabilitasnya, indeks kesukaran dan daya beda soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t (perbedaan dua rata-rata) dengan menggunakan nilai Gain Score (Selisih nilai pretest dengan posttest).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan rata-rata skor pretest 73 dan posttest 86, sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata skor pretest 65 dan posttest 76. Dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Setelah itu dilakukan uji t diperoleh thitung = 0.876 dan ttabel = 2.060 pada signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Menerapkan Material Finishing Bangunan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:49
Last Modified: 06 Feb 2025 03:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item
View Item