Hubungan Partisipasi Belajar Dengan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang

Rio Rifaldi, Rino (2017) Hubungan Partisipasi Belajar Dengan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Teknik Bangunan.

[thumbnail of B1_01_RIO_RIFALDI_1302245_5552_2017.pdf] Text
B1_01_RIO_RIFALDI_1302245_5552_2017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui ada hubungan atau tidak antara partisipasi belajar dengan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang. (2) Mengetahui seberapa besar hubungan antara partisipasi belajar dengan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang. (3) Mengetahui bagaimana bentuk-bentuk partisipasi belajar siswa yang mampu meningkatkan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2016/2017 berjumlah 30 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui angket yang disebarkan kepada siswa. Data sekunder yaitu data hasil belajar mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI SMK Negeri 5 Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara partisipasi belajar dengan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,572, nilai > (3,69 > 1,701) yang berarti signifikan. Besarnya persentase dari hubungan partisipasi belajar dengan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang yaitu sebesar 32,72%. Partisipasi belajar siswa yang bisa meningkatkan hasil belajar yaitu: memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, membaca buku, bertanya dan menjawab pertanyaan, mencatat, mencoba menghitung volume bangunan, berani ke depan, membawa perlengkapan belajar Rencana Anggaran Biaya, membuat dan mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Belajar, Hasil Belajar Rencna Anggaran Biaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:38
Last Modified: 06 Feb 2025 03:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item
View Item