Siskom, Tri (2015) Meningkatkan Ketahanan Menulis Huruf Vokal melalui Media Papan Magnet bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas DII/C di SDLB N 04 Tarantang Payakumbuh (Single Subject Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_TRI_SISKOM_03976_1495_2015.pdf [thumbnail of B1_2_TRI_SISKOM_03976_1495_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_TRI_SISKOM_03976_1495_2015.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SDLB N 04 Tarantang Payakumbuh Kelas DII/C, seorang anak tunagrahita yang ketahanan pada saat menulis paling lama hanya semenit dalam menulis, sehingga anak diminta membuat lima lembar halaman huruf vokal tersebut menjadi kurang rapi hurufnya. Ketahanan anak yang mudah bosan, jenuh, kurang konsentrasi dan mudah terpengaruh oleh lingkungan, sehingga anak tidak mempedulikan tugas yang diberikan.Keterbatasan-keterbatasan tersebut sesuai dengan hasil tes kemampuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dimana dalam penelitian ini menggunakan subjek tunggal, dalam pelaksanaannya dapat dilakukan untuk subjek atau kelompok, penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif. Penelitian eksperimen merupakan suatu kegiatan percobaan yang dilakukan untuk melihat ada tidaknya pengaruh intervensi/ perlakuan terhadap perubahan perilaku sasaran (target behavior). Penelitian ini akan menggunakan desain A-B, dimana A merupakan fase baseline dan B sebagai merupakan fase intervensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, ketahanan menulis dengan cara menirukan huruf vokal (a,i,u,e,o) pada kondisi sebelum perlakuan diberikan sangat rendah yaitu ketahan menulis anak dengan catatan durasi sekitar antara 1 dan 4 menit dan cenderung tetap dengan kecenderungan ketahanan anak dari kemampuan yakni 12,5% berarti ketahanan anak dalam menulis selama 2 menit dan pada kondisi setelah perlakuan diberikan yaitu dengan menggunakan media papan magnet ketahanan menulis anak tunagrahita ringan cenderung meningkatdengan ketahanan menulis dengan catatan durasi sekitar 4 menit dan 14 menit, kecenderungan ketahanan anak dari kemampuan tersebut yaitu 15,4% berarti ketahanan anak dalam menulis selama 10 menit. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima.Artinya papan magnet efektif digunakan dalam meningkatkan ketahanan menulis bagi anak tunagrahita ringan kelas DII/C di SDLB N 04 Tarantang Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketahanan Menulis, Media Papan Magnet, Anak Tunagrahita Ringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 05:15 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 05:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8943 |