Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas Vii Smp N 14 Kota Padang

Anriko, Verdi (2013) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas Vii Smp N 14 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_VERDI_ANRIKO_04044_3318_2013.pdf] Text
B1_3_VERDI_ANRIKO_04044_3318_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 14 Padang, terlihat bahwa pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) masih berlangsung satu arah. Pembelajaran cenderung terpusat pada guru, sehingga mengakibatkan berkurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK yang bersifat apresiatif (pengenalan dan perluasan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TI&K) kelas VII SMPN 14 Padang. Jenis Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen Populasi siswa kelas VII SMPN 14 Padang, sebanyak 6 kelas yang berjumlah 196 orang. Yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative laearning tipe TGT adalah 79,69 dengan standar deviasi yang diperoleh 8,426 dan nilai rata-rata kelas kontrol 72,95 dengan standar deviasi yang diperoleh 8,135 . berdasar perhitungan uji-t (t-tes) di peroleh t hitung 3,256 dengan taraf signifikan α = 0,05, dengan t 2,00 sehingga t hitung > t tabel i tabel . Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperatif learning tipe Teams Game Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: odel Pembelajaran, Cooperative Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:49
Last Modified: 29 Apr 2025 04:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item
View Item