Venensia, Veni (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perangkat Lunak Pengolah Angka Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI.IS SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_Veni Venensia 06483_2012_4772.pdf [thumbnail of B1_3_Veni Venensia 06483_2012_4772.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_Veni Venensia 06483_2012_4772.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP masih banyak siswa kelas XI.IS yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 75,00. Dari data ujian semester ganjil tahun ajaran 2011/2012, sebanyak 66,67% siswa berada di bawah standar KKM dan 33,33% siswa yang berada di atas standar KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, serta strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dibandingkan dengan hasil belajar yang tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS yaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI.IS SMA Pembangunan Laboratorium tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian di dapat 71,43% siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS nilainya berada diatas KKM dengan nilai rata-rata yaitu 78,33, sementara siswa yang menggunakan pembelajaran langsung lebih rendah yaitu sebesar 30,95% dengan nilai rata-rata kelas 69,76. Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus di dapati bahwa thitung 4,815 > ttabel (1,664), sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hail belajar siswa kelas XI.IS SMA Pembangunan Laboratorium UNP pada pokok bahasan perangkat lunak pengolah angka tahun ajaran 2011-2012 adalah 10,94%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share), Pembelajaran Langsung, Kontrol dan Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:48 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8907 |