Evaluasi Implementasi Kebijakan Sistem Belajar Daring Dan Luring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak

Marcia, Agnesty (2022) Evaluasi Implementasi Kebijakan Sistem Belajar Daring Dan Luring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AGNESTY_MARCIA_19330001_3133_2022.pdf] Text
B1_01_AGNESTY_MARCIA_19330001_3133_2022.pdf

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang peneliti temui pada riset awal di salah satu Taman Kanak-Kanak terkait implementasi dari kebijakan Sistem Belajar Daring Dan Luring Terhadap Perkembangan Sosial Emosionalyang perlu untuk di evaluasi pelaksanaannya. Salah satu temuan yang ditemuai adalah terkait salah satu aspek perkembangan sosial emosional. Terdapat beberapa permasalahan pada aspek tersebut antara lain pelaksanaan sistem belajar yang dilaksanakan dalam waktu singkat, kebutuhan sosialisasi tidak terpenuhi, adanya hambatan dalam mengungkapkan emosi, pemanfaatan video pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan kebutuhan belajar anak serta kemampuan anak dalam menaaati peraturan. Beranjak dari beberapa hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat bagaimana evaluasi dari hasil implementasi Sistem Belajar Daring Dan Luring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Mixed Methods menggunakan design penelitian evaluasi dengan Metode CIPP(Context, Input, Process, Product). Informan dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket,observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, danverifikasi data. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa sistem daring pada masa Pandemi Covid 19 berpengaruh sebesar 38,1% terhadap perkembangansosial dan emosional anak. Sedangkan implementasi sistem daring pada masa transisi dan new normal berpengaruh sebesar 37,8% dan sistem belajar luringsebesar 37,4 %terhadap perkembangan sosial dan emosional anak. Sementara pada penelitian kualitatif menunjukan bahwa sistem belajar Daring pada masaPandemi Covid 19 dan sistem belajar daring dan luring di masa transisi dan new normal sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Sistem Belajar; Perkembangan Sosial; Perkembangan Emosional; Emosional Anak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 20 Jan 2025 05:05
Last Modified: 20 Jan 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item
View Item