Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Pengerjaan Soal-soal Latihan Secara Kelompok pada Kelas VII 3 MTsN Kepala Hilalang

Khaidir, Khaidir (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Pengerjaan Soal-soal Latihan Secara Kelompok pada Kelas VII 3 MTsN Kepala Hilalang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_KHAIDIR-07975-2011.pdf] Text
B1_KHAIDIR-07975-2011.pdf

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika. Mereka lebih banyak menerima apa yang disajikan guru dari pada menemukan sendiri. Karena kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berakibat siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika dan menghasilkan nilai yang rendah. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah’ Apakah pembelajaran dengan pengerjaan soal-soal latihan secara kelompok siswa kelas VII 3 MTsN Kepala Hilalang dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan pengerjaan soal-soal latihan matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian ini adalah pengerjaan soal-soal latihan secara kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII 3 MTsN Kepala Hilalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, tindakan yang diberikan adalah menggunakan pengerjaan soal-soal latihan secara kelompok dalam proses pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII 3 MTsN Kepala Hilalang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 33 orang. Alat pengumul data yang digunakan adalah lembaran observasi dan tes hasil belajar. Lembaran observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah akhir pokok bahasan. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa terdapat kenaikan persentase aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dan mengerjakan soal-soal latihan matematika dan kenaikan nilai belajar matematika meningkat dari 54,6 % menjadi 65,1% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pengerjaan soal-soal latihan secara kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika kelas VII 3 MTsN Kepala Hilalang Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar matematika, Keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:29
Last Modified: 29 Apr 2025 03:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item
View Item